Rabu, 16 Januari 2019

4 Cara Komunikasi Yang Baik Dan Lancar Saat Wawancara Kerja

Salah satu proses melamar pekerjaan yang paling ditakuti oleh kita adalah interview. Melalui interview atau wawancara kerja, para kandidat kerja akan dilihat secara pandangan pertama, baik dari cara ia berkomunikasi secara verbal maupun nonverbal. Ketenangan dan kemampuan menjawab pertanyaan-pertanyaan saat interview pastinya berkembang menjadi semakin baik seiring waktu dan bertambahnya pengalaman Anda. Walaupun begitu, tidak ada cara untuk melewati proses interview yang dengan pasti membuat Anda lulus.

Berikut tips-tips bagi kalian yang akan menjalani proses interview kerja:

Sumber : rawpixel.com

1. Ketepatan Waktu 



Ilustrasi tepat waktu. | ArtFamily /Shutterstoc

Dengan hadir tepat waktu sesuai dengan yang dijadwalkan oleh pihak yang akan meng-interview, Anda sudah mendapatkan nilai plus. Lebih baik lagi jika Anda datang lebih cepat dari jam yang telah dijadwalkan. Dengan hadir sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, menunjukkan persiapan dan keseriusan dalam melamar sebuah pekerjaan. Bahkan lebih baik lagi jika Anda dapat hadir sedikit lebih awal guna mempersiapkan diri menjawab pertanyaan-pertanyaan.

2.Jadilah Diri Sendiri

Sumber: outletbranded.com
Mengungkapkan kepribadian merupakan hal bermanfaat saat menjalani wawancara. Langkah ini membantu pewawancara mengenal Anda secara lebih mendetail. Manfaatkan kesempatan ini untuk menyampaikan interes dan keterampilan profesional dengan antusias.
  • Berbicaralah dengan sikap yang profesional saat membahas hal-hal yang bersifat personal.
  • Jangan berbicara terlalu mendetail sampai lebih dari 1 menit saat bercerita tentang diri sendiri.  

3. Gunakanlah Busana dan Berbicara Yang Sopan


Sumber: Tommcifle.com
Pastikan Anda bertingkah laku, berbicara, dan berbusana selayaknya karyawan profesional. Selama wawancara berlangsung, tunjukkan profesionalisme melalui tindakan, ucapan, dan busana yang Anda kenakan. Berikan kesan pertama yang positif dengan menampilkan diri sebagai pelamar yang kompeten dan bersungguh-sungguh. Mengenakan busana sesuai pekerjaan yang diinginkan merupakan syarat mutlak supaya Anda sukses menjalani wawancara kerja.
  • Kenakan busana yang sesuai untuk wawancara kerja. Untuk mencari tahu busana yang harus dikenakan saat wawancara, mintalah informasi dari personel perusahaan yang menghubungi Anda.
  • Pria harus mengenakan kemeja berkerah dan celana panjang. Wanita boleh mengenakan kemeja atau blus dan rok bawah selutut atau lebih panjang.
  • Selama wawancara, jangan menggunakan dialek tertentu atau ucapan sehari-hari. Berbicara seperti sedang mengobrol dengan teman atau anggota keluarga terkesan terlalu santai untuk wawancara kerja.
  • Alih-alih mengucapkan "mmm" atau "êêê" untuk mengisi jeda saat berpikir, lebih baik Anda diam sejenak.

4. Tunjukan Keterampilan dan Pertanyaan anda yang berhubungan dengan pekerjaan

Tunjukan Keterampilan anda via howwelead.files.wordpress.com

Tunjukkan bahwa Anda memiliki keterampilan dan Pertanyaan yang dibutuhkan oleh calon pemberi kerja.

Biasanya, setelah proses interview sudah hampir selesai, Anda akan ditanya apakah ada hal-hal yang mau ditanyakan atau kurang mengerti. Anda dapat menggunakan kesempatan ini untuk menanyakan apa yang menjadi hal Anda sebagai seorang pekerja. Seperti gaji, jadwal masuk, jam-jam kerja, dan lainnya, Contohnya.

Saat diwawancarai, sampaikan bahwa Anda memiliki keterampilan dan bakat sesuai kualifikasi yang dibutuhkan. Pada umumnya, pemberi kerja membutuhkan keterampilan yang sama untuk posisi tertentu. Manfaatkan lis keterampilan berikut sebagai bahan diskusi saat menjalani wawancara:
 
  • Kemampuan berkomunikasi. Hal ini bisa ditunjukkan selama wawancara berlangsung.
  • Mengetahui informasi tentang perusahaan. Carilah informasi tentang perusahaan lalu siapkan beberapa topik bahasan atau pertanyaan untuk diajukan kepada pewawancara.
  • Keterampilan dan kompetensi dalam memanfaatkan teknologi. Jangan ragu menjelaskan kemampuan menggunakan teknologi saat bekerja, misalnya program Word atau program yang lain.
  • Kemampuan mengelola sumber daya. Sampaikan pengalaman kerja yang mengungkapkan bahwa Anda mampu menyusun anggaran keuangan dan menerapkannya dengan baik.
  • Kemampuan beradaptasi dengan kondisi yang baru. Ungkapkan keberhasilan Anda menghadapi perubahan pernah yang terjadi selama Anda berkarier.
  • Kemampuan memimpin. Jelaskan bahwa Anda berpengalaman sebagai pemimpin dengan menyampaikan apa yang Anda lakukan dan pembelajaran yang Anda dapatkan dari pengalaman tersebut.

Tetaplah Menjadi Diri Anda Sendiri Pada Saat Interview

Seperti itulah tips-tips yang dapat kalian gunakan untuk melewati tahap interview dengan maksimal. Jangan tegang, dan ingatlah bahwa Anda bisa menjalani semua tips ini tapi jangan lupa untuk tetap menjadi diri Anda sendiri ketika diwawancarai. Kita tidak mau perusahaan merekrut kita dengan sifat yang dibuat-buat, kan? Dengan bersifat apa adanya, kita tahu jika perusahaan menerima kita artinya kita memang sesuai dengan apa yang perusahaan tersebut perlukan. Semoga berhasil!


Bagikan

Jangan lewatkan

4 Cara Komunikasi Yang Baik Dan Lancar Saat Wawancara Kerja
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.